Senin, 20 Juni 2011

MATERI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN

PERATURAN
PENDIDIKAN DAN PELATIHAN











TAHAPAN PENDIDIKAN DAN LATIHAN
Pasal 1

A. ORIENTASI CBP
1. Pengertian
Orientasi CBP adalah pendidikan yang bersifat pengenalan yang memiliki sasaran untuk memperkenalkan bentuk organisasi IPNU dan CBP kepada calon anggota CBP yang berada di tingkat CBP
2. Tujuan Orientasi CBP :
a. Membentuk watak pengabdian terhadap lingkungan dan masyarakat.
b. Membangun watak dengan mengembangkan nilai-nilai pengabdian pada kegiatan kemanusiaan.
c. Menambah wacana tentang wawasan kebangsaan
d. Memahami ajaran Ahlus Sunnah wal Jamaah
e. Memahami eksisitensi IPNU
f. Memahami CBP
g. Memiliki rasa kepedulian sosial yang tinggi
2. Peserta Orientasi CBP
a. Anggota IPNU dan calon anggota CBP
b. Usia 12 – 15 Tahun
c. Patuh dan Taat kepada organisasi IPNU & CBP
d. Masih aktif tercatat sebagai siswa sekolah yang bersangkutan
3. Pelaksana Orientasi CBP :
Orientasi dilaksanakan oleh Ranting dan/komisariat diikuti oleh sekurang-kurangnya 10 orang.
4. Materi Orientasi
a. Aswaja
b. Ke-IPNU-an
c. Ke-CBP-an
d. PBB
e. Orientasi alam bebas
f. Wawasan Wiyata Mandala

B. PENDIDIKAN DAN LATIHAN PERTAMA ( DIKLATAMA )
1. Pengertian :
Diklatama adalah pendidikan dan latihan yang memilki sasaran untuk memperkenalkan IPNU secara umum dan CBP pada khususnya kepada para anggota baru CBP yang sekaligus membangun komitmen dan watak kader dalam kebersamaan membangun bangsa.
2. Tujuan Diklatama CBP :
a. Membentuk watak dan rasa kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan dan masyarakat.
b. Membangun watak dengan mengembangkan nilai-nilai pengabdian pada kegiatan sosial kemanusiaan.
c. Menambah wacana tentang wawasan kebangsaan
d. Memahami Ajaran Ahlus Sunnah wal Jamaah
e. Memahami eksisitensi IPNU
f. Memahami CBP
g. Memiliki rasa kepedulian dan kepekaan sosial yang tinggi
3. Peserta Diklatama CBP
a. Anggota IPNU dan calon anggota CBP
b. Usia 15 – 25 Tahun
c. Patuh dan Taat kepada organisasi IPNU & CBP
4. Pelaksana Diklatama :
Diklatama dilaksanakan oleh Dewan Koordinator Cabang atau Dewan Koordinator Anak Cabang dan diikuti oleh sekurang kurangnya 15 orang.
5. Materi Diklatama
a. Aswaja
b. Ke-IPNU-an
c. Ke-NU-an
d. Ke-CBP-an
e. Komunikasi dan Kerjasama Tim
f. Wawasan Kebangsaan
g. Peraturan Baris Berbaris (PBB) & Tata Laksana Upacara
h. Latihan Dasar Bela Diri
i. Pengenalan Dasar Search and Rescue ( SAR )
j. Orientasi alam bebas (produk Lokal)
k. Kebijaksanaan pengelolaan lingkungan
l. Sosiologi pedesaan

C. PENDIDIKAN DAN LATIHAN MADYA (DIKLATMAD)
1. Pengertian :
Diklat Madya adalah pendidikan dan latihan yang memiliki sasaran untuk meningkatkan kualitas kader IPNU secara umum dan CBP khususnya kepada para anggota yang pernah melaksanakan tugas CBP dan memperkokoh komitmen kader dalam kebersamaanya membangun bangsa.
2. Tujuan Dilkat Madya CBP
1. Menambah wacana dan membentuk watak pengabdian terhadap lingkungan dan masyarakat
2. Menambah wacana dan membentuk watak dengan mengembangkan nilai-nilai pengabdian pada kegiatan sosial kemanusiaan
3. Mampu mengidentivikasi dan memahami problem organisasi
4. Menyiapkan tenaga pelatih yang handal di tingkat cabang
5. Menyiapkan kader kader CBP yang mampu menjadi konseptor dan generator organisasi
3. Peserta Diklatmad
a. Telah mengikuti Diklatama
b. Usia 17 – 27 tahun
c. Sehat jasmani dan rohani
d. Tidak pernah mempunyai catatan negatif pada organisasi
e. Patuh dan taat kepada organisasi CBP & IPNU
4. Pelaksanaan Diklat madya
Diklatmad dilaksanakan oleh Dewan Koordinator Wilayah atau Dewan Koordinator Cabang yang ditunjuk oleh DKW CBP.
5. Materi Diklatmad
a. Ke-NU-an dan Aswaja
b. Ke-CBP-an
c. Komunikasi Masa
d. Pembangunan daerah
e. Ke-Pecinta Alam-an
f. Analisa Realita dan atau sosial
g. Search and Rescue (SAR)
h. Manajemen Penanggulangan bencana

D. PENDIDIKAN DAN LATIHAN NASIONAL (DIKLATNAS)
1. Pengertian
Diklatnas adalah merupakan pendidikan yang memiliki sasaran untuk memantapkan kader IPNU secara umum dan CBP khususnya di tingkat wilayah dan nasional agar kader CBP dapat maksimal dalam pengabdianya terhadap bangsa dan negara.
2. Tujuan Diklatnas
a. Memantapkan sikap dan watak sekaligus perjuangan dalam pengabdian terhadap lingkungan dan sosial masyarakat.
b. Memantapkan sikap dan watak sekaligus perjuangan dengan mengembangkan nilai-nilai pengabdian pada kegiatan kemanusiaan.
c. Memantapkan sikap dan watak sekaligus perjuangan dalam ajaran Ahlus Sunnah wal Jamaah.
d. Mampu mengembangkan peran CBP dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
3. Peserta Diklatnas CBP
a. Telah mengikuti Diklatmad
b. Usia 20 - 30 tahun
c. Sehat jasmani dan rohani
d. Taat dan patuh kepada peraturan organisasi
4. Materi Diklatnas
a. Ke-NU-an dan Aswaja
b. Ke-CBP-an
c. Wawasan Nusantara
d. Komunikasi Massa
e. Wawasan Internasional
f. Search and Rescue
g. Keprotokolan























KISI-KISI MATERI
ORIENTASI CBP (untuk SMP/Sederajat)

1. Aswaja
Pokok pokok pembahasan :
a. Pengertian dan dalil dalil aswaja sebagai faham keagamaan dalam islam
b. Sejarah Aswaja
c. Nilai Aswaja

2. Ke-IPNU-an
Pokok pokok bahasan
a. Sejarah kelahiran IPNU
b. Perkembangan IPNU
c. Tujuan IPNU & Fungsi IPNU

3. Ke-CBP-an
Pokok pokok bahasan :
a. Sejarah berdirinya CBP
b. Pengenalan atribut CBP dan artinya
c. Tujuan CBP & Fungsi

4. Komunikasi dan kerja sama Tim
Pokok bahasan :
a. Apa itu komunikasi & Kerjasama
b. Bagaimana seharusnya berkomunikasi dan bekerja sama ?
c. Mengapa harus berkomunikasi dan bekerjasama.

5. Peraturan baris berbaris dan tata laksanan upacara
Pokok bahasan :
a. Pengetahuan dasar PBB
b. Pengetahuan dasar tata laksana Upacara
c. Protokoler

6. Orientasi Alam Bebas
a. Pengenalan alam
b. Manajemen perjalanan

















KISI – KISI MATERI
PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PERTAMA (SLTA/Sederajat)

1. Aswaja
Pokok pokok pembahasan :
a. Pengertian dan dalil-dalil Aswaja sebagai faham keagamaan dalam islam
b. Sejarah Aswaja
c. Aswaja sebagai Faham NU

2. Ke-NU-an
Pokok pokok bahasan :
a. Sejarah NU
b. Bentuk organisasi Pengenalan Banom di NU
c. Hubungan NU dengan IPNU/CBP

3. Ke-IPNU-an
Pokok pokok bahasan :
a. Sejarah kelahiran IPNU
b. Perkembangan IPNU dari masa ke masa
c. Tujuan & Fungsi IPNU
d. Sejarah IPNU ( lokal )

4. Ke-CBP-an
Pokok pokok bahasan :
a. Sejarah berdirinya CBP
b. Pengenalan atribut CBP dan artinya
c. Tujuan, fungsi dan peran CBP
d. Sejarah CBP ( lokal )

5. Komunikasi dan kerja sama Tim
Pokok bahasan :
a. Apa itu komunikasi & Kerjasama
b. Bagaimana seharusnya berkomunikasi dan bekerja sama
c. Mengapa harus berkomunikasi dan bekerjasama.
d. Teknik komunikasi dan kerjasama dilapangan

6. Peraturan baris berbaris dan tata laksanan upacara
a. Pengetahuan dasar PBB
b. Pengetahuan dasar tata laksanan Upacara
c. Bentuk Upacara Lapangan
d. Protokoler

7. Latihan Dasar Beladiri
a. Teknik Pukulan
b. Teknik Tendangan
c. Teknik Bantingan
d. Teknik Kuncian
e. Tangkisan

8. Wawasan Kebangsaan
a. Proses lahirnya Pancasila & UUD 45
b. Pengamalan UUD 45 & Pancasila

9. Search and Rescue ( SAR )
a. Sejarah SAR di Indonesia
b. Organisasi SAR di Indonesia
c. Pengenalan Teknik dasar SAR

10. Survival
a. Mengetahui tumbuhan yang dapat dimakan
b. Bagaimana bertahan hidup di alam bebas











































KISI-KISI MATERI
PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PERTAMA (UMUM)
1. Aswaja
Pokok pokok pembahasan :
a. Pengertian dalil-dalil Aswaja sebagai faham keagamaan dalam Islam
b. Sejarah Aswaja
c. Aswaja sebagai faham NU

2. Ke-NU-an
Pokok pokok bahasan :
a. Sejarah NU
b. Bentuk organisasi & pengenalan Banom di NU
c. Hubungan NU dengan IPNU

3. Ke-IPNU-an
Pokok pokok bahasan :
a. Sejarah kelahiran IPNU
b. Perkembangan IPNU dari masa ke masa
c. Tujuan & fungsi IPNU
d. Sejarah IPNU ( lokal )

4. Ke-CBP-an
Pokok pokok bahasan :
a. Sejarah berdirinya CBP
b. Pengenalan atribut CBP dan artinya
c. Tujuan, fungsi dan peran CBP
d. Sejarah CBP ( lokal )

5. Komunikasi dan kerja sama Tim
Pokok bahasan :
a. Apa itu komunikasi & kerjasama
b. Bagaimana seharusnya berkomunikasi dan bekerja sama
c. Mengapa harus berkomunikasi dan bekerjasama.
d. Teknik komunikasi dan kerjasama dilapangan

6. Peraturan baris berbaris dan tata laksana upacara
Pokok bahasan :
a. Pengetahuan dasar PBB
b. Pengetahuan dasar tata laksanan upacara
c. Bentuk Upacara Lapangan
d. Protokoler Upacara

7. Latihan Dasar Beladiri
Pokok bahasan :
a. Fungsi Beladiri
b. Tujuan Beladiri
c. Teknik Beladiri
- Teknik Pukulan
- Teknik Tendangan
- Teknik Bantingan
- Teknik Kuncian
- Tangkisan
d. Seni Beladiri

8. Wawasan Kebangsaan
Pokok bahasan :
a. Proses lahirnya Pancasila & UUD 1945
b. Pengamalan UUD 1945 & Pancasila

9. Search and Resque ( SAR )
a. Sejarah SAR di Indonesia
b. Organisasi SAR di Indonesia
c. Pengenalan Teknik dasar SAR

10. Orientasi alam bebas
a. Climbing
b. Prusiking
c. Repling
d. Rock Climbing
e. Tracking Hiking/pendakian
f. Packing (penataan)
g. Survival
h. Orientasi medan

11. Kebijaksanaan Pengelolaan lingkungan
Pokok bahasan :
a. Macam-macam hutan dan manfaatnya
b. Dasar-dasar pengelolaan lingkungan
c. Teknik pengelolaan lingkungan

12. Sosiologi pedesaan
Pokok bahasan :
a. Karakteristik masyarakat pedesaan
b. Pendekatan dan kajian budaya masyarakat pedesaan
c. Metode/ tehnik berintraksi dengan masyarakat.



















KISI – KISI MATERI
PENDIDIKAN DAN LATIHAN MADYA (DIKLATMAD)
1. Ke-CBP-an
Pokok bahasan :
a. Mekanisme dan Peraturan organisasi
b. Program kegiatan CBP
c. Kepribadian anggota CBP

2. Komunikasi Massa
Pokok bahasan :
a. Pengertian komunikasi massa
b. Psikologi komunikasi
c. Pengertian publik opini dan propaganda

3. Pembangunan Daerah
Pokok bahasan :
a. Otonomi daerah
b. Pembangunan yang berwawasan lingkungan
c. Peranan dan partisipasi organisasi pada OTODA

4. Search and Rescue (SAR)
Pokok bahasan :
a. Navigasi
b. Tehnik-tehnik pencarian korban
c. Evakuasi korban

5. Ke-Palang Merah-an
a. Penanganan dalam kedaruratan medis

6. Manajemen Penanggulangan Bencana
a. Pengertian
b. Perkampungan Darurat
c. Dapur Umum



















KISI – KISI MATERI
PENDIDIKAN DAN LATIHAN NASIONAL
1. Ke – NU – an Dan Ke – Aswaja – an
Pokok Bahasan :
a. Peran NU dalam Kehidupan Berbangsa dan bernegara
b. Peran NU di dunia Internasional

2. Ke-CBP-an
Pokok bahasan :
a. Pengabdian CBP
b. Pembangunan CBP
c. Program umum CBP
d. Hakekat CBP

3. Wawasan Nusantara
Pokok Bahasan :
a. Hakekat Wawasan Nusantara
b. Batas Wilayah
c. Ekopoleksosbud

4. Wawasan Interrnasional
Pokok Bahasan :
a. Hakekat kerjasama Internasional
b. Pergaulan Internasional bebas dan aktif
c. Hak Asasi Manusia (HAM)

5. Search and Rescue
Pokok Bahasan :
a. Navigasi Lanjutan
b. Teknik SAR Laut
c. Teknik SAR Udara
d. Teknik SAR Darat

6. Keprotokolan
Pokok bahasan :
a. Hakekat Keprotokolan
b. Pengertian keprotokolan
c. Dasar-dasar keprotokolan
d. Teknik-teknik keprotokolan












Pasal 2
WAKTU PENDIDIKAN DAN LATIHAN

1. Orientasi : 1 - 2 hari
2. Diklatama : 3 – 5 hari
3. Diklatmad : 3 – 6 hari
4. Diklatnas : 4 – 7 hari

Pasal 3
TANDA LULUS
Tanda lulus akan diberikan berupa sertifikat.

Pasal 4
PENDIDIKAN DAN LATIHAN RUTIN

Pendidikan dan latihan rutin dilakukan oleh regu-regu yang terbentuk dan diselenggarakan dengan waktu yang berkala dan dikoordinir oleh DKC atau DKAC.

Pasal 5
PENDIDIKAN DAN LATIHAN KHUSUS

Disamping kegiatan di atas, maka ada beberapa Diklat yang dapat diselenggarakan dalam waktu-waktu khusus dan bila diperlukan :
1. Diklat Calon Pelatih
2. Diklat-diklat lain yang diperlukan

Pasal 6
PENDEKATAN LATIHAN

1. Pendekatan Latihan Partisipatif
Adalah salah satu bentuk kegiatan proses belajar mengajar yang melibatkan peserta secara aktif dan dinamis, dalam hal ini latihan diarahkan pada proses membantu peserta agar terlatih dalam rangka mengembangkan potensi yang dimiliki. Latihan sebagai laboratorium informasi sehingga informasi dan peristiwa yang ditangkap kemudian direfleksikan oleh peserta untuk diproses menjadi pengetahuan, sikap dan keterampilan yang dibutuhkannya. Pendekatan ini mengeterapkan prinsip, konsep pendidikan yang berimbang pada Andragogi (pendidikan ala orang dewasa), Paedagogi (pendidikan ala anak-anak) Sosiologi (pendidikan kemasyarakatan) dan Pysichologi (pendidikan kejiwaan). Pendekatan ini mendasarkan pada :
a. Prinsip “ Pengalaman adalah guru yang terbaik “
- Saya dengar ………………………… maka saya lupa
- Saya lihat ……………………………. maka saya ingat
- Saya lakukan ……………………….. maka saya faham
b. Daur pengalaman berstruktur
- Peserta melakukan atau mengalami
- Peserta mengungkapkan pengalamannya
- Peserta menganalisis
- Peserta menyimpulkan
- Peserta menerapkan kembali
c. Pendekatan Doktriner (kondisional/disesuaikan dengan kebutuhan)

2. Pendekatan Humanistik
Pendekatan humanistik adalah merupakan sintesa dari pendekatan paedagogi dengan pengertian :
a. Sumber belajar adalah pengalaman peserta itu sendiri. Pelatih membantu menyimpulkan dan mensistematisir pengalamannya itu. Karena orientasinya ditekankan pada proses belajar dan isi makna proses itu.
b. Perencanaan Materi Latihan dipusatkan oleh peserta, pelatih membantu menyusun dalam sekian urutan penyajian dan menempatkannya dalam konfigurasi latihan sesuai dengan identifikasi kebutuhan dan tujuan latihan.
c. Belajar dipandang sebagai pemahaman masalah (problem solving) dan membulatkan pengetahuan serta pengalaman dengan informasi dari nara sumber atau pelatih. Dengan demikian proses latihan merupakan proses penemuan dan pemecahan masalah serta sekaligus proses tranformasi pengetahuan dan pengalaman.

Pasal 7
METODE LATIHAN

1. Metode Ceramah
Adalah penyampaian informasi yang sifatnya searah. Penceramah memberikan keterangan dan peserta mendengarkan.

2. Metode Diskusi
Adalah suatu cara penyampaian materi dimana terjadi percakapan tentang suatu topik pembahasan dan saling mengoreksi diantara peserta dengan nara sumber.

3. Diskusi Kelompok
Adalah suatu jenis diskusi dimana peserta diskusi itu hanya berkelompok-kelompok (antara 4 – 7 ) orang.

4. Metode Curah Pendapat ( Brainstorming)
Adalah suatu bentuk diskusi dimana prosesnya adalah satu orang atau pelatih memberikan atau melontarkan permasalahan dan peserta memberikan ide-ide baru tanpa diberikan komentar, yang dilakukan secara bebas dan spontan. Diskusi ini melatih keberanian berpendapat, pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.

5. Metode Bermain ( Role Playing )
Adalah suatu kejadian tertentu yang dirancang dengan pelaku yang diambil dari peserta latihan. Berbagai watak dimunculkkan oleh tokoh-tokoh yang telah ditetapkan untuk kemudian dibahas dan disarikan sebagai pelajaran. Hendaknya permainan peran dipersiapkan lebih matang dan tidak memaksakan peran pada peserta.

6. Metode Metaplan
Adalah diskusi dengan memakai papan planel dan tidak banyak menggunakan lisan, melainkan ungkapan peserta melalaui tulisan untuk kemudian diklarifikasikan dengan aspek-aspek yang bersesuaian.

7. Metode Kasus
Adalah bentuk diskusi dengan suatu kasus nyata.

8. Simulasi Metode (Game/Permainan)
Adalah menciptakan suasana tertentu dari kenyataan hidup yang sesungguhnya dalam bentuk permainan melalui instrumen tertentu.

9. Diskusi Reflektif
Adalah merupakan diskusi secara spontan/bebas untuk mengutarakan pengalaman dan pendapatnya.

10. Metode Demontrasi
Adalah merupakan metode peragaan, dimana peserta mempraktekkan sesuatu yang telah direncanakan.

11. Metode Angket / Kuis
Adalah metode pengamatan dalam bentuk pertayaan tertulis.

12. Metode Lokakarya
Adalah diskusi sampai menghasilkan hasil karya nyata.

13. Metode Praktek Kerja
Adalah mempraktekkan sesuatu dalam wujud kerja lapangan.

14. Metode Observasi
Adalah mengamati sesuatu secara langusng ke lapangan.

Pasal 8
MEDIA LATIHAN

Untuk menjadikan pelatihan dapat dinikmati, maka pada prosesnya latihan perlu dilengkapi dengan media latihan yang cukup memadahi antara lain :
1. Papan tulis atau write board
2. Spidol
3. Kertas plano
4. OHP
5. Alat-alat penunjang latihan lainnya.

Pasal 9
EVALUASI LATIHAN

1. Prinsip-prinsip Evaluasi
Sebelum melakukan evaluasi latihan perlu dipahami beberapa prinsip dasar evaluasi, antara lain :
a. Evaluasi dalam latihan partisipatif merupakan bagian integral proses belajar dari semua pihak yang terlibat, terutama bagi peserta latihan, pelatih dan penyelenggara latihan.
b. Evaluasi merupakan bagian integral proses belajar, arahan evaluasi adalah demi perbaikan (yang bersifat formatif) dan demi pertanggungjawaban (yang bersifat sumatif). Jadi bukan untuk menghakimi atau menentukan siapa yang benar, siapa yang salah atau siapa pandai dan siapa bodoh.
c. Evaluasi arahan demi perbaikan dan demi pertanggung jawaban, maka pelaksanaannya dapat dilakukan :
- dengan saling mengevaluasi
- melakukan evaluasi diri atau mengadakan refleksi.
d. Evaluasi dilaksanakan secara berkala, maksudnya kalau ada penyimpangan yang merugikan segera dapat dikoreksi dan diperbaiki.
e. Pada dasarnya evaluasi dilaksanakan baik pada tahap pra-latihan, tahap pelaksanaan latihan dan tahap pasca latihan. Karena tugas yang harus ditunaikan disetiap tahap berbeda satu sama yang lain, maka pertanyaan evaluasi serta tujuannya juga berbeda diantara tahap yang satu dengan tahap yang lain.

2. Manfaat Evaluasi
Evaluasi memberikan konstribusi dan manfaat yang besar bagi sebuah latihan, adapun manfaat itu adalah :
a. Sebagai masukan bagi proses latihan yang sedang berlangsung.
b. Untuk masukan bagi penyempurnaan pelaksanaan latihan dimasa yang akan datang.
c. Untuk menyajikan fakta tentang tingkat keberhasilan latihan kepada berbagai pihak dalam rangka memberikan pertanggung jawaban terhadap pelaksanaan latihan.

3. Tujuan Evaluasi
Selama kurun waktu latihan, evaluasi dilaksanakan berulang kali untuk berbagai tujuan. Dengan demikian setiap kali melaksanakan evaluasi pada dasarnya mempunyai tujuan sendiri-sendiri, tetapi secara umum dapatlah dikatakan bahwa tujuan evaluasi latihan adalah :
a. Untuk mengetahui tingkat perubahan sikap serta tingkah laku peserta latihan.
b. Untuk mengetahui efisiensi dan efektifitas penyelenggaraan latihan.

4. Sasaran Evaluasi
a. Prestasi belajar, peserta dengan titik berat pada perkembangan sikap/tingkah laku, pengetahuan dan keterampilan.
b. Efisiensi dan efektifitas penyelenggaraan latihan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls